MR. IDOL

IMPIAN DIAWALI DARI KERJA KERAS, PERJUANGAN, DAN TETESAN AIR MATA.

 

Tidak ada hal di dunia ini yang diraih dengan cara mudah dan instan, termasuk impian. Kepopuleran idol Kpop dan Hallyu juga tidak dapat diraih dengan mudah. Untuk mendapatkan sesuatu, kau harus mengorbankan sesuatu.

Annyeonghaseyo chingudeul… Manaseo bangapseumnida… Karena pembukaan review kali ini adalah bahasa Korea, kali ini saya akan mereview salah satu movie asal pelopor Hallyu atau Kpop ini, yakni Korea Selatan.

Siapa idola kalian? Kalau ditanya seperti itu jawaban orang pasti berbeda – beda. Hallyu atau yang lazim disebut Kpop, adalah industri musik yang kebanyakan mengusung idol sebagai model utamanya. Banyak sekali orang yang mengidolakan idol Kpop, namun tak jarang banyak juga yang mencacinya. Banyak mereka yang mendewakan idol lebih dari apapun dan siapapun di dunia ini, namun apakah mereka tahu idol juga manusia biasa, sebelum mereka menjadi idol, mereka juga seperti kita, mereka juga menangis, mereka juga berjuang, mereka juga bekerja keras, dan mereka juga berusaha. Nah, review movie kali ini saya akan mengupas tuntas movie asal negara pelopor Hallyu ini.

 

fullsizephoto195983

Movie berjudul Mr. Idol ini menceritakan tentang Oh Goo Joo, seorang mantan manajer sebuah boyband ternama di Korea, yaitu Mr. Children yang ingin kembali memnghidupkan nama Mr. Children setelah sekian lama vakum dari industri musik Korea. Mr. Children sempat menghilang dari kancah musik Korea karena leader boyband Mr. Children ini bunuh diri. Lantaran agensi mereka tidak memperbolehkan para artisnya menjalin hubungan cinta dengan orang lain, sedangkan sang leader Mr. Children jatuh cinta dengan aktris agensi lain dan hubungan mereka tidak direstui. Sungguh berat hidup sebagai idol yang di kendalikan oleh agensi. Back to topic, Goo Joo kemudian tanpa sengaja bertemu dengan Lee Yoo Jin di bandara karena koper Goo Joo terbawa oleh Yoo Jin. Pertemuan pertama mereka tidak berakhir dengan baik, terutama saat Yoo Jin dan Goo Joo bertemu kembali untuk mengembalikan koper Goo Joo.

Lalu pertemuan mereka berdua terjadi lagi saat Goo Joo membuka audisi untuk mencari vocal utama Mr. Children, Yoo Jin bersama teman – teman satu bandnya mengikuti audisi ini juga dan tanpa disangka – sangka Goo Joo justru memilih Yoo Jin untuk menjadi vocal utama Mr. Children, namun Yoo Jin yang sudah terlanjur tidak menyukai Goo Joo sejak pertemuan pertama mereka ini menolaknya, terlebih Goo Joo hanya menginginkan Yoo Jin saja, bukan dengan teman – teman satu bandnya. Bagaimana cara unik Goo Joo untuk membujuk Yoo Jin menjadi vocalist utama Mr. Children? Coba tonton keseruannya dan ikuti perjalanan Goo Joo dan Yoo Jin menapaki kembali dunia industri musik Korea yang keras.

 

vlcsnap-2012-06-18-00h30m38s50

Dari segi cerita, movie ini menyuguhkan alur cerita yang menarik, juga mengajarkan kita tentang bagaimana perjalanan untuk meraih impian. Terutama perjalanan para idol Kpop yang sungguh keras, karena dalam dunia industri musik Korea yang megah ini pun menyimpan perjuangan sengit dan pahit. Seperti pemilik agensi Mr. Children dahulu bernaung, agensi Star Music, Sa Hee Moon yang bahkan rela memfitnah Yoo Jin dan member Mr. Children lainnya untuk mematahkan usaha Goo Joo membangun kembali Mr. Children. Saya beri nilai 85 untuk alur cerita movie Korea ini. Untuk adegan antar karakter pun tergambarkan dan terjalin sangat baik, kecuali hubungan Goo Joo dan Yoo Jin, antara cinta atau hanya persahabatan saya agak sulit menebaknya. Karena movie ini hanya ingin menyampaikan pesan moral berupa perjuangan dan kerja keras yang terjadi dalam dunia industri musik Korea.

Dari ending pun bagus, panggung saat Mr. Children kembali menyanyikan lagu andalan mereka yaitu Summer Dream sangat megah, belum lagi penontonnya yang ikut bernyanyi serentak seolah menyambut kembali Mr. Children yang sudah lama tertidur. Bagi para Kpopers penggemar film romance sepertinya tidak akan menemukan romance yang mereka cari disini. Namun untuk Kpopers yang terlalu fanatic dan mendewakan idolanya wajib menonton movie ini, karena idola juga ingin diperlakukan seperti manusia, seperti teman. Beberapa sasaeng fans (fans yang terlalu fanatik sampai melukai idolanya sendiri) sepertinya sangat wajib menonton movie ini, selain menambah pemahaman tentang dunia idol, kita juga bisa tahu seberapa berat perjuangan idol untuk meraih kepopuleran mereka sebagai idola, jadi kita bisa bersikap lebih baik lagi dalam mengidolakan mereka ^_^

 

vlcsnap-2012-06-18-00h11m32s111

Untuk akting para aktor dan aktrisnya sendiri pun sangat bagus, terutama Ji Hyun Woo yang berperan sebagai Lee Yoo Jin. Sulit menemukan aktor Korea yang memiliki suara yang daebak (baca = luar biasa) seperti Ji Hyun Woo. Terutama saat adegan Yoo Jin bernyanyi ditengah – tengah bandara hanya untuk menemukan Goo Joo. Saat itu Lee Yoo Jin menyanyikan lagu ciptaan Goo Joo, yaitu Unfinished Song, yang juga menjadi soundtrack Mr. Idol ini. Park Ye Jin pun sangat bagus dalam memerankan wanita pekerja keras seperti Oh Goo Joo. Terutama ekspresi Oh Goo Joo yang itu – itu saja. Sayang sekali untuk akting dan adegan Jay Park tidak ditampilkan lebih banyak, padahal mantan leader 2PM ini juga terkenal dan gak kalah kerennya dengan Ji Hyun Woo. Di dalam movie ini Jay Park menjadi Jio, vocal pendukung untuk Mr. Children, padahal menurut saya suara Jay Park-oppa juga sangat bagus, gak kalah dengan Ji Hyun Woo. Selain itu disini saya agak bingung gimana gitu, menurut saya Jay Park lebih baik diberikan posisi rapper di Mr. Children, karena suaranya lebih bagus saat ngerap, lebih sexy gimanaaa gitu yaaa >_<

Lalu ada Jang Seo Won sebagai Hyun Ji, yang juga vocal pendukung Mr. Children. Kim Randy sebagai Ricky untuk posisi rapper Mr. Children. Untuk para pemainnya sendiri saya beri nilai 75 saja, karena aktingnya menurut saya bagus, hanya bagus tapi gak luar biasa. Yang buat saya memukau hanya akting Ji Hyun Woo saat bernyanyi dan ngedance.

Untuk cameo saya merasa surprise banget boyband U Kiss muncul disini dengan nama Kiss Me, sebagai saingan Mr. Children, lalu ada juga Nam Gyuri yang sudah lama saya sekali tidak menemukan dia dalam drama maupun movie Korea manapun, tiba – tiba ia muncul di Mr. Idol sebagai mantan pacar leader Mr. Children yang bunuh diri, chukkae eonni~

 

mr-idol-2011-hdrip-x264-ac3-int-avi_0061418371

UKISS di Movie Mr. Idol ^_^

Dan untuk soundtrack saya beri nilai 90, suaranya G.O Mblaq itu cocok banget menyanyikan lagu Believe untuk soundtrack movie ini. Sebetulnya untuk movie bertema dunia – dunia idol maupun dunia – dunia gemerlap yang ada dalam industri musik Kpop saya agak kurang suka, bahkan saya biasa aja ketika lagi booming – boomingnya drama Korea Dream High yang notabene gabungan penyanyi dan artis berbakat asal JYP Entertainment, dan Keyeast Entertainment. Bahkan saat I Am rilis, movie garapan agensi raksasa di Korea Selatan, yakni SM Entertainment ini, saya gak tertarik sama sekali. Pengecualian untuk movie ini, entah mengapa perjuangan Yoo Jin dan kawan – kawan lebih terasa. Setidaknya dari alur cerita, dan humor – humor yang dimasukan di dalamnya, membuat saya merekomendasikan movie ini wajib untuk di tonton!

 

Baca juga Korean Movie Review: (아저씨) AHJUSSI! The Man From Nowhere

Advertisements