Ingat pepatah mengatakan, bagi yang bangun siang rezeki akan di patok ayam? Bagi masyarakat perkotaan, bangun di pagi hari merupakan suatu hal yang terkadang menyebalkan, bahkan beberapa orang beranggapan bahwa bangun pagi merupakan hal yang sulit. Terutama bagi sebagian masyarakat yang merupakan pekerja kantoran di Ibu Kota, hal ini mewajibkan mereka bangun lebih awal demi menghindari macet ataupun terlambat sampai di tempat kerja. Namun sebagian masyarakat mungkin tidak mengetahui bahwa bangun lebih awal di pagi hari memberikan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan tentang manfaat bangun di pagi hari bagi kesehatan, alasan-alasan berikut ini bisa dijadikan bukti yang nyata mengenai keuntungan yang bisa anda gali dengan meninggalkan kasur anda lebih awal di waktu pagi.

 

  1. Mendapatkan tidur yang cukup.

 

Ahli kesehatan mengungkapkan bahwa Early Riser lebih mendapatkan tidur yang cukup serta teratur, karena jika anda bangun di pagi hari, hal tersebut otomatis membuat anda tidur lebih awal di malam hari. Kebiasaan ini tentunya menjaga pola tidur anda menjadi lebih sehat dan teratur sehingga anda akan lebih bugar. Kurangi memandang layar handphone anda sebelum anda pergi tidur, karena hal itu akan membuat anda cepat merasa mengantuk sehingga bisa membiasakan untuk tidur lebih awal dan bangun pagi lebih awal tentunya.

 

  1. Menjaga pola diet sehat.

 

Ini dia yang paling penting, terutama di kalangan kaum hawa. Bagi hampir setiap orang yang bangun terlambat, malas untuk bangun lebih pagi karena tidak mau menyia-nyiakan detik-detik waktu lelap mereka, bahkan sudah di pagi hari sekalipun, biasanya melewatkan makan pagi mereka. Dengan alasan ingin menggabungkan sarapan dengan makan siang saja, atau yang lebih trend disebut brunch, mereka menunda mengisi perut mereka lebih lama setelah lambung kosong hampir 6 jam lebih saat tidur. Ini adalah perbuatan yang buruk sekali untuk kesehatan, karena di pagi hari, tubuh paling membutuhkan nutrisi untuk tetap berenergi dan fokus.

Kenapa bisa bangun kesiangan dan melewatkan sarapan menggagalkan pola diet sehat? Mari kita telisik lebih lanjut. Saat anda tidur, tubuh fasting atau berpuasa 6 sampai 8 jam seharinya saat anda terlelap, di pagi hari ketika anda bangun, tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh memerlukan makanan sehat untuk break the fasting, ini pula yang menjadi asal muasal dari kata breakfast. Sarapan di pagi hari tentunya tidak memerlukan banyak makanan dan kalori supaya perut tidak kaget setelah kosong lebih dari 6 jam. Jika anda bangun siang dan melewatkan sarapan, pada saat makan siang atau brunch, tanpa anda sadari tubuh anda meminta makanan berlebih dan itu akan membuat anda makan lebih banyak dari porsi normal anda.

tumblr_nz9za6r2uf1u0xqzko1_500
Body goal!!
  1. Bermanfaat untuk kesehatan mental.

 

Dengan bangun lebih awal di pagi hari, menghindari anda dari ketergesa-gesaan dan pastinya tidak membuat anda stress, bukan? Terburu-buru di pagi hari itu sangat mengesalkan, di awal hari saja anda sudah merasa sedikit tertekan oleh waktu. Percayalah bahwa ini memberikan dampak negatif sehingga kedepannya saat anda memulai hari anda, anda akan terbawa dalam suasana mood yang buruk, dan itu akan memberikan kerugian dalam pekerjaan anda. Early Riser atau orang yang sering bangun di pagi hari memiliki banyak energi positif dalam dirinya, mood yang bagus memberikan anda lebih banyak kreatifitas dan menghindari anda dari masalah mental ataupun depresi dan tekanan.

Bangun pagi juga memberikan anda waktu untuk menyendiri dan berpikiran lebih jernih dalam kedepannya. Quiet Time atau waktu untuk anda merenung dan menyendiri merupakan waktu yang terbatas bagi anda yang sibuk dengan urusan pelajaran, pekerjaan, kehidupan sosial, dan bahkan urusan rumah tangga. Waktu dimana pertama kali anda bangun lebih awal, terutama lebih awal dari anggota keluarga anda yang lainnya merupakan waktu yang berharga karena bebas dari gangguan maupun kebisingan sehari-hari, hal ini penting untuk kesehatan mental anda juga, tubuh yang sehat tentunya didukung oleh mental yang sehat pula.

 

  1. Memberikan anda kesempatan untuk berolahraga.

 

Last, but not the least. Fakta membuktikan bahwa bangun lebih awal di pagi hari memberikan anda banyak kesempatan untuk dilakukan, termasuk olahraga atau sedikit workout. Menggerakan tubuh setelah bergelung di kasur empuk dan selimut hangat sehabis istirahat di malam hari adalah cara untuk mebiasakan hidup sehat. Jika anda merasa malas beranjak dari kasur anda, cobalah gerakan-gerakan senam, mulai dari menggerakan lengan anda di kasur untuk mengumpulkan kesadaran anda dan membuat anda pada akhirnya mau meninggalkan kasur anda tercinta, istilah trend-nya untuk di perkotaan sekarang ini adalah mager atau males gerak.

 

Early to bed, early to rise, makes us healthy, wealthy, and wise. Dan nyatanya memang benar. Semua keuntungan diatas apabila diakumulasikan dan dijadikan kebiasaan serta lifestyle yang sehat, maka akan membuat hidup kita berusia lebih panjang, tentunya lebih sehat, bebas dari tekanan dan depresi, terhindar dari penyakit dan masih banyak lagi keuntungan bangun di pagi hari selain dari segi kesehatan itu sendiri. Lets begin improving your quality of life!

 

source: tipsperawatancantik.com
Advertisements