Apa yang anda pikirkan saat melihat sayuran dan buah – buahan menumpuk di dalam lemari pendingin anda? Daripada dibiarkan membusuk, kenapa tidak dikonsumsi ataupun diolah dengan cara yang sederhana? Padahal banyak sekali manfaat dari sayur – sayuran serta buah – buahan, terutama yang masih segar. Beberapa dari anda mungkin memang sering mengkonsumsi buah segar yang tidak diproses terlebih dahulu, tidak seperti layaknya buah, kalau untuk sayuran, tentunya perlu diproses dan dimasak ketimbang dikonsumsi langsung secara mentah, juga supaya lebih menggugah selera dan rasanya pasti lebih enak di lidah.

Namun apakah anda tahu? Sayuran segar yang masih mentah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak dari pada sayuran yang sudah diproses dengan cara memasaknya, beberapa kandungan nutrisi dan vitamin di dalam sayuran matang sebenarnya sudah menghilang selama dalam proses pemasakan. Sehingga memakan sayuran mentah tentu akan mendapatkan nutrisi lebih banyak, sama seperti mengkonsumsi buah segar secara langsung. Sayangnya masyarakat perkotaan saat ini kebanyakan memang kurang suka memakan sayuran mentah atau minimal direbus terlebih dahulu untuk mendapatkan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak.

Berbicara tentang diet, memakan sayuran mentah akan lebih memudahkan diet kita tanpa perlu khawatir kekurangan serat. Perlu anda tahu, pemrosesan makanan, termasuk sayuran, dalam arti anda memasak, merebus, mencampurnya dengan kandungan tertentu dengan tujuan mendapatkan cita rasa yang enak di lidah anda, hal tersebut dapat mempengaruhi kalori dan nutrisi sayuran semula yang ada di dalamnya. Semakin banyak proses yang dilalui sayuran, maka semakin banyak pula kandungan nutrisi yang berkurang didalamnya. Ini juga berlaku terhadap buah, telur, dan daging yang sudah diolah.

Selain dengan alasan tidak suka sayur – sayuranan mentah atau organik hingga dari soal rasanya yang tidak enak. Padahal ada beberapa makanan enak dan mudah dibuat dari sayuran itu sendiri tanpa harus memasaknya. Salah satunya sebut saja masakan sunda seperti lalapan, sayuran bermanfaat yang biasanya disajikan mentah adalah mentimun, kembang kol, selada, dan kemangi. Biasanya sayuran ini sebagai teman makan nasi dengan ayam goreng, bakar, atau ikan goreng atau bakar dengan tambahan sambal terasi sebagai pelengkap.

Anda tidak harus setiap hari memakan lalapan atau sayuran mentah saja demi mendapatkan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup dari sayuran mentah, berikut ini ada beberapa makanan sehat khas Indonesia banget, karena beberapa adalah kuliner asli asal Indonesia. Selain bergizi dan lezat, masakan ini pastinya mudah didapatkan dan anda dapat membuatnya sendiri di dapur anda.

 

  1. SALAD.

2

Atau tidak perlu repot menghidangkan ayam dan ikan goreng atau bakar untuk membuat anda mau mengkonsumsi sayuran organik mentah dengan nutrisi utuh di dalamnya. Anda bisa membuat salad yang isinya merupakan campurah dari buah dan sayuran segar, campuran sayuran dan buah merupakan makanan sehat yang kaya akan serat, akan memiliki manfaat dan rasa yang lebih sempurna apabila anda mencampurkannya dengan mayounaise, susu, keju, atau telur rebus. Sayuran yang bisa anda makan pun bermacam-macam, mulai dari tomat, selada, dan paprika.

 

  1. KAREDOK ALA JAWA BARAT

a06533b223316a48ef7aed8e7056cefa

Membahas tentang salad, tidak perlu jauh-jauh ke restoran luar negeri untuk mencicipi salad yang enak dan mendapatkan sayuran yang kaya akan gizi. Indonesia memiliki ragam olahan dari sayuran yang tentunya tidak kalah enak dari salad serta bergizi tinggi, terutama bagi vegetarian. Salah satunya adalah karedok, yang pengolahan sayurannya serba mentah tanpa menggunakan proses perebusan apapun. Dengan campuran kacang panjang, tauge, kembang kol, dan timun, anda bisa menikmati hidangan sayuran mentah, segar, bergizi tanpa perlu khawatir tentang rasa.

 

  1. SELADA PENGANTIN KHAS BETAWI

timthumb

Masih dari Indonesia, sayuran yang diolah mentah yang kaya akan nutrisi bisa anda dapatkan juga di Selada Pengantin. Biasanya makanan ini dihidangkan di acara-acara pernikahan terutama ala betawi, olahan ini menggabungkan sayuran berupa selada, kembang kol, mentimun segar, dan bisa juga ditambahkan tauge. Kandungan seratnya yang tinggi bisa didapatkan dari ragam sayuran ini plus tahu yang biasanya dicampurkan kedalamnya. Anda bisa memakannya tanpa nasi ataupun kentang rebus apabila sedang dalam diet karbohidrat, namun bagi anda yang tidak dalam diet bisa tetap menyantapnya dengan nasi dan lauk-pauk.

 

  1. ASINAN ALA JAKARTA

medium_resep-asinan-jakarta-fdc0b3

Selain salad, Karedok, dan Selada Pengantin, Asinan merupakan salah satu racikan salad yang tidak memerlukan proses perebusan ataupun pemasakan yang berat untuk sayurannya. Terdiri dari campuran tauge, mentimun, wortel, kembang kol, yang merupakan sayuran segar berserat tinggi, anda tidak perlu khawatir akan kekurangan nutrisi yang berguna. Rasanya pun tidak perlu dipertanyakan lagi, campuran cabai dengan cuka yang memiliki cita rasa pedas, asam, manis, dan segar, merupakan menu yang tepat untuk diet anda.

 

Sayuran akan lebih sehat apabila dimakan mentah secara langsung, tambahan tips dari kami, ada beberapa sayuran yang memberikan manfaat lebih berguna apabila dimasak terlebih dahulu. Salah satunya adalah bayam, jamur, atau asparagus, prosesnya sederhana dan simple, cukup direbus. Sayuran – sayuran ini menyediakan banyak antioksidan yang membuat tubuh lebih sehat apabila anda memasaknya terlebih dahulu. Silahkan berkreasi!


source: tipsperawatancantik.com
Advertisements