Bibir yang berwarna merah ataupun pink memang menjadi daya tarik bagi seorang perempuan. Bahkan hal tersebut sudah menjadi ketentuan yang wajib bagi seorang wanita cantik dengan memiliki warna bibir yang merah merekah, atau pink lembut untuk terlihat menarik perhatian. Karena itu lipstick menjadi produk kecantikan yang wajib dimiliki di kalangan kaum hawa.

Banyak wanita yang berpikiran untuk memilih warna lipstick sesuai dengan selera dan kesukaan mereka saja. Padahal banyak hal yang juga perlu diperhatikan dalam memilih lipstick tertentu agar bibir terhindar dari iritasi dan pecah – pecah yang bisa disebabkan oleh pemilihan produk lipstik yang salah. Berikut kami rangkum tips mudah cara memilih lipstick yang sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan bibir:

 

  1. Kenali jenis kulit yang dimiliki

Mengenali jenis dan corak kulit yang kita miliki sangat penting dalam menentukan warna lipstick apa yang sesuai dengan kulit. Hal ini dapat dikenali dengan memperhatikan tekstur dan corak warna kulit di sekitar garis rahang hingga kearah bibir. Berikut beberapa jenis – jenis warna kulit hingga seberapa sensitifnya kulit tersebut:

chart

  • Fair: jenis kulit ini berwarna sangat putih dan nyaris pucat, mudah terbakar sinar matahari dan terkena bercak gelap atau kemerahan.
  • Light: jenis kulit putih yang mudah terbakar sinar matahari dan menyebabkan kulit menjadi tan atau gelap.
  • Medium: berwarna sawo matang namun tidak mudah terbakar sinar matahari, biasanya memiliki kulit yang sensitif.
  • Tan: hampir serupa dengan warna sawo matang dan berwarna kecokelatan yang khas.
  • Dark: warna kulit yang gelap alami bukan karena terbakar sinar matahari, namun memang dari rasa tau keturunan.

Selain jenis warna kulit, perlu diketahui juga cara mengetahui tipe kulit kita apakah kulit tersebut bertipe dingin atau hangat atau mungkin netral. Caranya bisa dilihat dari urat nadi yang berada pada pergelangan tangan, jika berwarna kebiruan hingga nyaris ungu berarti kulit bersifat dingin. Wanita dengan tipe kulit yang dingin seperti ini cocok menggunakan perhiasan perak, emas putih, atau silver di kulitnya. Sebaliknya jika urat nadi berwarna kehijauan berarti tipe kulitnya adalah hangat. Perhiasan yang cocok dan terlihat indah untuk tipe kulit hangat adalah emas kuning. Bila masih bingung menentukan tipe kulit tersebut, apakah urat nadi yang terlihat di pergelangan tangan berwarna samar kebiruan dan kehijauan bersamaan maka tipe kulitnya adalah netral. Wanita dengan warna kulit tan atau sawo matang rata – rata memiliki tipe kulit netral.

 

  1. Pilih warna lipstick yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum memilih lipstick yang akan digunakan sesuai dengan jenis kulit, diperlukan tes dengan cara mengaplikasikan lipstick hanya pada bagian bawah bibir saja. Bandingkan warnanya dengan warna bibir bagian atas, bila terlihat tidak cocok, kontras, dan janggal, cari lipstick dengan warna lain. Perhatikan juga tekstur lipstick yang diinginkan, lipstick dengan hasil akhir matte membuat bibir terlihat kecil, namun bisa lipstick dengan hasil akhir glossy atau mengkilap membuat bibir terlihat penuh.lip-colors-new1-1

Sesuai dengan jenis kulit yang sudah ditentukan sebelumnya, berikut tips yang cocok tergantung jenis kulit masing – masing:

  • Fair atau Light: kulit jenis ini cocok dengan warna pink terang, raspberry, coral, peach, nude, atau beige.
  • Medium: jenis kulit yang cocok untuk warna merah mawar, merah stroberi, merah cherry, pink gelap, merah coral, hingga warna berry yang seperti pink atau merah keunguan.
  • Tan: kulit dengan jenis cokelat sawo matang ini harus menghindari warna cokelat, nude, atau keunguan, cobalah merah gelap seperti merah wine atau merah ruby.

 

  1. Pilih warna lipstick yang sesuai dengan warna pakaian atau outfit

Salah satu faktor terpenting yang membuat penampilan seorang perempuan untuk menjadi semakin memukau dengan lipstick adalah penyesuaiaannya terhadap fashion atau pakaian yang dipakai saat itu. Namun jangan terlalu mengikuti warna pakaian yang sedang digunakan, misalnya jika memakai baju atau dress berwarna merah marun dengan sepatu merah pula, hindari menggunakan lipstick berwarna merah juga, karena itu akan membuat penampilan terlihat berlebihan.

dresslipsfinal

Jangan ragu juga untuk bereksperimen mencoba memadu padankan fashion dan outfit dengan warna lipstick di bibir. Sebagai contoh, warna nude terlihat cocok untuk semua jenis warna pakaian. Warna merah mawar sesuai untuk pakaian polos atau plain, seperti dress putih polos, atau hitam polos, cokelat polos, ini akan membuat penampilan terlihat lebih menyala dengan polesan merah di bibir. Sebaiknya jangan memakai pakaian dengan warna yang sangat terang dan bercorak warna – warni bila menggunakan lipstick merah coral.

 

  1. Cobalah sebelum membeli

Tempat yang menawarkan lipstick biasanya menyediakan tester yang bisa dicoba di bibir pembeli terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk membeli warna tertentu, mintalah tester pada penjual, toko kosmetik yang berkualitas biasanya menyediakan alkohol berbentuk semprotan yang disemprot ke lipstick terlebih dahulu sebelum dicoba. Ini bertujuan untuk menghindari kuman atau bakteri berhubung tester tentunya sudah dicoba oleh beragam banyak orang. Gunakan cotton bud atau tester brush untuk mencobanya di bibir, hindari mengoleskan langsung ke bibir.

 

source: tipsperawatancantik.com
Advertisements